Sabtu, 18 Januari 2014

Teori Organisasi Umum - Pengertian Budaya dan Fungsi Budaya Organisasi dan Tipologi Budaya Organisasi

Tugas Kelompok Softskill

1. Pengertian Budaya dan Fungsi Budaya Organisasi
2. Tipologi Budaya Organisasi


Kelas 2KA22

Nama Kelompok : 
1. Fajar Rafsyanjany       (12112724)
2. Farchan Elrivansyah   (12112764)
3. Guruh Maghribi          (13112213)
4. Hari Triyadi                 (13112316)
5. Rio Tri Nugroho         (16112440)


1.       Pengertian Budaya dan Fungsi Budaya Organisasi

Pengertian Budaya
Budaya adalah Suatu rancangan hidup yang tercipta secara historis, yang meliputi keseluruhan pengetahuan, adat istiadat,serta prilaku yang merupakan kebiasan yan dimiliki dan di wariskan oleh suatu masyarakat tertentu sebagai hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat untuk di pelajari dan di wariskan kepada generasi-generasi penerusnya.

Pengertian Budaya Organisasi
Budaya organisasi adalah suatu cara berfikir, tentang suatu sitem presepsi bersama yang ada dalam angota-anggota dalam organisasi dimana hal itu menuntun perilaku dari anggota organisasi tersebut.

Fungsi Budaya Organisasi
Fungsi budaya organisasi sangat penting untuk diketahui. Fungsi budaya organisasi adalah sebagai tapal batas tingkah laku individu yang ada didalamnya. semua organisasi mengembangkan seperangkat inti pengandaian, pemahaman, dan aturan implisit yang mengatur perilaku sehari-hari dalam berorganisasi.
Fungsi budaya organisasi adalah sebagai berikut :
      
   1. Budaya menciptakan pembeda yang jelas dan berkualitas antara satu organisasi dengan organisasi yang lainnya.
      
   2.  Budaya membawa suatu rasa identitas/pengenal bagi anggota-anggota suatu organisasi tersebut.
      
   3.  Budaya mempermudah timbulnya komitmen dan keharmonisan pada sesuatu yang lebih luas  daripada kepentingan diri individual seseorang dan membentuk suatu kesejatheraan dalam  berorganisasi. 
      
   4.  Budaya merupakan perekat social dan juga sarana interaksi yang membantu mempersatukan  organisasi itu dengan memberikan standar-standar yang tepat untuk dilakukan oleh karyawan  dalam suatu organisasi.
       
   5.  Budaya sebagai mekanisme pembuat makna dan kendali yang memandu dan membentuk sikap    serta perilaku karyawan.


 2.       Tipologi Budaya Organisasi

Menurut Mallinson dan Blake Pengertian Tipologi itu merupakan suatu pengelompokan suatu bahasa berdasarkan ciri khas tata kata dan tata kalimatnya.

Tipologi Budaya Organisasi bertujuan untuk menunjukkan beraneka budaya organisasi yang mungkin ada di realitas, Tipologi budaya organisasi dapat diturunkan dari tipologi organisasi misalnya dengan membagi tipe organisasi dengan membuat tabulasi silang antara jenis kekuasaan dengan jenis keterlibatan individu di dalam organisasi.

Jenis kekuasaan dan keterlibatan individu dalam organisasi dibagi menjadi :
      
      1.       Koersif
adalah organisasi di mana para anggota organisasi harus mematuhi apapun peraturan yang diberlakukan.

       2.       Remuneratif
adalah organisasi di mana para anggota diperlakukan secara adil dalam pekerjaan dan hasil sesuai dengan standart atau ketentuan yang yang disepakati bersama oleh anggota organisasi

       3.       Normatif
adalah organisasi di mana para anggota organisasinya memberikan kontribusi tinggi pada komitmen karena menganggap organisasi adalah sama dengan tujuan diri mereka sendiri.


KESIMPULAN

Setiap organisasi memiliki budaya yang berbeda-beda. Dalam setiap organisasi yang ada pasti memiliki budaya dan peraturannya sendiri dalam menyikapi setiap anggota–anggota organisasinya. Budaya yang ada dalam organisasi harus selalu di jaga dan diterapkan agar tercipta suatu ciri khas budaya dalam organisasinya  dan bisa menjadi simbol dan ikon organisasi tersebut di kalangan masyarakat luas.


Daftar Pustaka