PASAR
1. Pasar
Persaingan Sempurna
Pasar
persaingan sempurna adalah sebuah pasar dengan tingkat penjual dan
pembeli dengan jumlah yang sangat banyak dan produk yang dijual bersifat
homogen. Harga dapat terbentuk melalui
suatu mekanisme pasar dan hasil dari suatu interaksi antara penawaran dan
permintaan, sehingga antara penjual dan
pembeli di pasar tidak mempengaruhi
harga suatu barang. Barang dan jasa yang dijual bersifat homogen dan tidak
dapat dibedakan, karna semua produk terlihat identik.
Ciri-ciri
pasar persaingan sempurna :
- Jumlah penjual sangat banyak dan ramai.
- Produk yang dijual bersifat homogen.
- Tidak ada halangan masuk ataupun keluar dari pasar.
- Antara penjual dan pembeli memiliki pengertian sempurna tentang pasar.
- Distribusi produk lumayan lancar.
- Harga jual barang dan jasa adalah yang termurah.
- Jumlah output paling banyak sehingga rasio output per penduduk maksimal
- Masyarakat merasa nyaman da aman dalam mengkonsumsi dan tidak merasa takut ditipu dalam kualitas dan harga.
- Lamban dalam mengikuti pengembangan teknologi.
- Konflik efisiensi-keadilan.
- Barang yang bersifat homogen dapat menyebabkan konsumen tidak banyak memiliki pilihan.
2. Pasar
Persaingan Monopolistik
Pasar
Monopolistik adalah suatu pasar
yang terdapat banyak produsen yang mampu menghasilkan barang serupa
tetapi memiliki perbedaan dalam beberapa spesifikasi. Penjual yang ada pada pasar monopolistik ini tidak terbatas, namun,
setiap produk yang dihasilkan dari seorang harus memiliki karakter tersendiri yang mampu
memberi perbedaan dengan produk lainnya. Salah satu contohnya adalah : Gitar.
Walaupun gitar fungsinya sama, tapi bisa memiliki keunikan dari warna, bunyi
dan kualitasnya berbeda.
Ciri-ciri
pasar persaingan monopolistik :
- Memiliki banyak penjual tetapi tidak sebanyak dalam persaingan sempurna
- Terdapat perbedaan produk
- Penjual dapat mengendalikan harga dalam tingkat tertentu untuk mendapatkan keuntungan
- Persaingan yang ketat dalam kualitas produk yg dijual dan pemasangan iklan
- Memacu kreativitas produsen dari pembuatan produk baru hingga pemasangan iklan agar konsumen tertarik.
- Pembeli tidak mudah berpindah dari produk yang digunakan.
- Biaya mahal untuk ke pasar monopolistic dikarenakan adanya persaingan penjualan.
- Persaingan sangat berat.
3. Pasar
Oligopoli
Pasar
oligopoli adalah pasar di mana penawaran satu jenis barang yang dikuasai oleh
beberapa perusahaan. Umumnya jumlah perusahaan > 2 dan < 10. Dalam
pasar oligopoli, setiap perusahaan harus memposisikan dirinya sebagai bagian yang
terikat dengan permainan pasar, karena keuntungan yang akan mereka dapatkan tergantung dari kinerja
pesaing mereka. Sehingga semua usaha promosi, iklan, pengenalan produk baru, perubahan harga, dan
sebagainya dilakukan dengan tujuan untuk menjauhkan konsumen dari pesaing
mereka.
Ciri-ciri pasar Oligopoli
- Beberapa perusahaan saja yang mendominasi pasar
- Ada produsen yang menawarkan barang serupa, namun ada pula produsen yang menawarkan model atau fitur yang berbeda.
- Terdapat rintangan yang berat untuk bisa masuk ke pasar oligopoly, karna, investasinya yang tinggi.
- Persaingan melalui iklan sangat kuat
- Memiliki sedikit penjual karna dibutuhkan investasi yang besar untuk masuk pasar
- Dengan sedikit penjual, para penjual dapat mengendalikan harga dalam tingkat tertentu
- Bila terjadi perang harga, konsumen akan diuntungkan
- Terdapat rintangan yang kuat untuk masuk ke pasar oligopoly karna investasi yang tinggi
- Akan terjadi perang harga akibat dari setiap perusahaan yang menginginkan untung besar.
- Produsen dapat melakukan kerja sama yang pada akhirnya akan merugikan konsumen.
Pasar
monopoli adalah suatu pasar yang hanya memiliki satu penjual yang mampu menguasai suatu pasar. Sebagai penentu harga
atau seorang “monopolis” harus dapat melihat kapan harus menaikan atau
mengurangi harga dengan cara melihat dan menentukan jumlah barang yang akan diproduksi,
karna semakin sedikit barang yang diproduksi, akan semakin mahal harga barang
tersebut, begitu pula sebaliknya. Walaupun demikian, penjual juga tetap
memiliki suatu keterbatasan dalam penetapan harga. Apabila penetapan harga terlalu
mahal, maka konsumen akan membatalkan pembelian dan berusaha mencari atau membuat
barang pengganti, atau pergi ketempat lain untuk melihat harga yang sesuai.
Ciri-ciri
pasar Monopoli
- Hanya ada satu penjual dan banyak pembeli.
- Tidak ada perusahaan yang dapat membuat barang subsitusi yang sempurna
- Rintangan cukup berat untuk masuk ke pasar monopoli
- Pembeli kekurangan pilihan lain dalam membeli barang
- Keuntungan hanya terdapat pada satu perusahaan
- Harga ditentukan oleh perusahaan.
Kelebihan
pasar monopoli
- Keuntungan penjual bisa cukup tinggi dikarenakan dia sebagai pusatnya.
- Kelemahan pasar monopoli
- Konsumen tidak memliki banyak pilihan untuk membeli barangnya.
- Keuntungan hanya terpusat kepada satu perusahaan.
- Terjadi pemanfaatan yang secara sewenang-wenang pembeli.
Daftar pustaka