Sabtu, 22 Maret 2014

Teori Organisasi Umum - Ilmu Pendidikan

ILMU PENDIDIKAN

Ilmu pendidikan adalah ilmu pendidikan bisa diartikan juga sebagai proses sosialisasi dimana setiap orang harus bersosialisasi dengan lingkungan yang dipilihnya untuk belajar atau mencari ilmu demi memperoleh wawasan, kemampuan dan pengembangan diri setiap individu secara optimal.

Ruang Lingkup Ilmu Pendidikan itu luas yang terpenting adalah prinsip-prinsip dalam pengajarannya yang diterapkan oleh seorang pendidik dalam melakukan kegiatan belajar dan mengajar dan juga faktor-faktor seperti: tingkatan/akreditas sekolah/universitas, karakteristik murid, latar belakang sosial dan pendidikan anak sangat perlu dipertimbangkan agar pendidik tidak sembarang memperlakukannya.

Seorang pengajar atau yang biasa kita sebut seorang guru / dosen, akan memberikan ilmunya kepada anak didiknya atau Murid suapaya anak didiknya menjadi orang yang sukses ketika selesai dari pendidikannya. Guru adalah orang yang bertanggung jawab dalam pendidikan akademiknya. Disebut guru / seorang pendidik karna diberi peranan serta tanggung jawab untuk mendidik. Sedangkan peranan orang tua dan keluarga juga sama dalam mendidik namun lebih spesifik ke lingkungan luas dan pembentukan prilaku, etika, dan kedewasan seorang anak.

Dan yang terpenting seorang pendidik itu juga harus mempunyai cara – cara atau trik – trik dalam menyampaikan apa yang akan di ajarkannya kepada muridnya agar sang murid mudah mengerti dan mudah memahaminya dan bisa terapkan dalam kehidupan sehari – hari.

Ini adalah cara – cara seorang pendidik Guru / Dosen dalam mengajar :
      
  •      Metode Diskusi 
Metode diskusi adalah suatu cara untuk mempelajari suatu materi pelajaran dengan adu argumentasi demi mendapatkan suatu solusi dari persoalan materi pelajaran tersebut.
  •      Metode Kerja Kelompok 
Metode kerja kelompok ini dilakukan untuk mencapai suatu tujuan pengajaran tertentu, dan dalam pengerjaannya menggunakan sistem kerja sama sesama murid. Kerja kelompok ini juga berfungsi untuk mempersatukan setiap anggota agar bisa saling membantu untuk sama – sama menyelesaikan pekerjaannya.
  •       Metode Penyampaian 
Metode penyampaian ini adalah dengan cara seorang guru menjelaskan didepan ruangan kelas kepada murid – muridnya secara lisan.
  •       Metode Tanya jawab 
Metode Tanya jawab adalah penyampaian tentang material yang di lakukan dengan cara memberikan pertanyaan bisa dari guru ke murid atau dari murid ke gurunya.
  •       Metode latihan 
Metode latihan ini untuk melihat apakah yang dipalajari selama ini dimengerti atau tidak. Atau latihan terhadap apa yang sudah pernah dipelajari.
  •          Metode Praktek 
Metode Praktek adalah dimana sorang murid melakukan pekerjaannya secara langsung dengan instruksi dari gurunya dan langsung di kerjakan ditempatnya.


Kesimpulan.

Dengan pendidikan yang diberikan dengan baik akan melahirkan generasi - generasi sumber daya manusia yang memiliki kualitas dan potensi yang tinggi. dan yang terpenting konsep pendidikan harus terus berkembang  agar selalu memberikan warna pendidikan yang beraneka ragam dan berkualitas. 

"jika ada tanda jasa yang bisa kami berikan kepadamu guru, pasti sudah kami berikan kepadamu, karna jika ada, itulah yang pantas kau dapatkan dari kami sebagai muridmu untukmu"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar