Senin, 07 Juli 2014

Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet merupakan suatu hal yang sangat dekat sekali dengan manusia di era modern ini. Pengguna internet sekarang sudah mencakupi semua kalangan dari anak-anak hingga orang dewasa. Internet sebagai sarana alat komunikasi, interaksi dll. Yang paling terkenal di era modern sekarang ini internet sebagai sarana Sosial Media. Dimana setiap orang dapat terhubung disemua penjuru dunia untuk saling berinteraksi dan saling mengenal. Karena internet sekarang sudah menyebar luas dan bisa diakses dengan mudah dan dimana saja. Itu sangat berdampak bagi penggunanya. Di bawah ini akan menjelaskan dampak-dampak positif maupun negatif dari penggunaan internet didalam kehidupan sehari-hari :

Ø  Dampak Positif

Fungsi internet yang paling banyak dan umum digunakan oleh setiap pengguna internet  dapat berinteraski dan berkomunikasi dengan pengguna-pengguna social media lainnya dari seluruh dunia. Dengan semakin berkembangnya internet yang semakin pesat, internet dijadikan sebagai sumber informasi untuk berbagi tugas, informasi, dan refrensi-refrensi yang ingin orang kunjungi untuk keperluannya.

Sebagai sumber  mendapatkan penghasilan dari bisnis yang di lakukannya di internet dengan cara berdagang online dimana seorang konsumen tidak perlu pergi untuk ke lokasi si penjual. Dengan kemudahan pengaksesan internet sekarang, setiap pengguna internet bisa dengan mudah mendapatkan informasi yang ada di semua daerah. Pertukaran data dan tugas pun dapat dilakukan di internet ini dengan cepat dan mudah.

Ø  Dampak Negatif

Ketika internet digunakan sebagai tempat untuk melakukan kejahatan seperti, mengunjungi situs pornografi yang sangat bisa merusak akal dan pikiran manusia. Dari aspek bisnis, penipuan juga sering terjadi karena adanya kemudahan untuk melakukan transaksi tanpa bertatap muka, yang beujung dengan penipuan barang, harga dll.

Banyak juga orang jadi melupakan kehidupan normalnya seperti bermain dengan teman sebaya atau berkumpul bersama keluarga dan menghabiskan uang karna kecanduan akan internet untuk bermain game online. Dari bermain game online, seseorang bisa melakukan hacking atau suatu usaha untuk mencuri jaringan atau mencari kelemahan pada system jaringan tersebut untuk bermain game secara murah dan gratis. Bahkan ada yang memasuki sebuah jarinan secara illegal yang bertujuan untuk mencuri hingga menganti data-data yang ada dalam server jaringan tersebut.   



Tidak ada komentar:

Posting Komentar