KATA PENGANTAR
Segala puji syukur saya panjatkan kehadirot tuhan yang
maha esa atas rahmat dan bimbingan-Nya saya dapat menyusun makalah ini.
Makalah ini merupakan panduan bagi para mahasiswa, untuk belajar dan
mempelajari lebih lanjut tentang Ilmu Sosial Dasar ini. Yang bertujuan
dapat menumbuhkan proses belajar mandiri, agar kreativitas dan penguasaan
materi pelajaran optimal sesuai dengan yang di harapkan.
Dengan adanya makalah ini di harapkan dapat membantu mahasiswa dalam
mengetahui tentang bagaimana bersosialisasi dengan baik.
Semoga makalah ini dapat bermanfaat dan senantiasa menjadi sahabat dalam belajar
untuk meraih prestasi yang gemilang. Kritik dan saran dari bapak/ ibu dan juga
teman-teman tetap saya harapkan guna perbaikan dan penyempurnaan untuk belajar
ke depan.
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
1. Ilmu
Sosial Dasar
1.1. Pendahuluan
1.2. Tujuan
1.3. Metode Ilmu Sosial Dasar
2. Ilmu Sosial Dasar
2.1. Pengertian
2.2. Tujuan
2.3. Ilmu
Sosial Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial
2.4. Ruang Lingkup Ilmu
Sosial Dasar
DAFTAR PUSTAKA
1.1.
Pendahuluan
Pendidikan
tinggi diharapkan dapat menghasilkan sarjana-sarjana yang mempunyai seperangkat
kemampuan yang terdiri atas :
1. Kemampuan Akademik
2. Kemampuan Profesi
3. Kemampuan Pribadi
1. Kemampuan Akademik
2. Kemampuan Profesi
3. Kemampuan Pribadi
1.2.
Tujuan
Pecapaian kemampuan akademik dan kemampuan Profesi
telah diusahakan melalui mata kuliah keahlian (MKK), yaiut mata-mata kuliah
menurut bidang ilmu pengetahuan masing-masing yang diberikan di perguruan
tinggi.
Adapun kemampuan pribadi, diharapkan untuk dicapai melalui sekelompok mata kuliah yang tergabung dalam mata kuliah dasar umum yang terdiri atas mata-mata kuliah :
1. Pancasila
2. Agama
3. Kewiraan
4. Pendidikan sejarah perjuangan bangsa
5. Ilmu alamiah dasar (IAD)
6. Ilmu sosial dasar (ISD)
7. Ilmu budaya dasar (IBD)
1.3. Metode Ilmu Sosial Dasar
Adapun kemampuan pribadi, diharapkan untuk dicapai melalui sekelompok mata kuliah yang tergabung dalam mata kuliah dasar umum yang terdiri atas mata-mata kuliah :
1. Pancasila
2. Agama
3. Kewiraan
4. Pendidikan sejarah perjuangan bangsa
5. Ilmu alamiah dasar (IAD)
6. Ilmu sosial dasar (ISD)
7. Ilmu budaya dasar (IBD)
1.3. Metode Ilmu Sosial Dasar
7 mata kuliah dasar umum
dikelompokon menjadi 2 bagian :
1. Kelompok pertama meliputi mata
kuliah : pancasila, agama, kewiraan dan pendidikan sejarah perjuangan bangsa.
Kelompok ini diharapkan dapat menjadi dasar pedoman sebagai warga negara
pelajar yang baik. Keempat mata kuliah tersebut wajib diikuti oleh semua
mahasiswa di semua perguruaan tinggi, yang dinilai dan ikut menentukan kelulusan.
2. Kelompok kedua meliputi mata kuliah
: IAD, ISD dan IBD. Kelompok ini diharapkan dapat membantu meningkatkan
kepekaan mahasisiwa berkenaan dengan lingkungan Alamiah, lingkungan social dan
lingkungan budaya.
Secara
spesifik kemampuan pribadi yang hendak dicapai melalui MKDU bertujuan
menghasilkan warga negara Sarjana yang berkualifikasi sebagai berikut :
·
Taqwa kepada
Tuhan Yang Maha Esa,bersikap dan bertindak sesuai dengan ajaran agamanya, dan
memiliki tenggang rasa terhadap pemeluk agama lain.
·
Berjiwa
pancasila sehingga segala keputusan serta tindakannya mencerminkannilia-nilai
pancasiladan memiliki integeritas kepribadianyang tinggi, yang mendahulukan
kepentingan nasional dan kemampuan sebagai sarjana Indonesia
·
Memiliki
wawasan Sejarah Perjuangan Bangsa, sehingga dapat memperkuat semangat
kenbangsaan, memeprtebal rasa cinta tanah air, meningkatkan kesadaran berbangsa
dan bernegara,mempertinggi kebangsaan nasional dan kemanusiaan sebagai sarjana
Indonesia.
·
Memiliki
wawasan komprehensif dan pendekatan integral di dalam menyikapi permasalahan
kehidupan, baik social, ekonomi, politik, pertahanan keamanan maupun
kebudayaan.
·
Memiliki
wawasan yang luas tentang kehidupan bermasyarakat, dan secara bersama-sama
mampu berperan serta meningkatkan kualitasnya, maupun tentang lingkungan
alamiah erta bersama-sama berperan serta di dalam pelestariannya.
Tema pokok
perkuliahan ISD sebagai bagian dari MKDU adalah hubungan timbal balik antara
manusia dan lingkungannya.
2. Ilmu Sosial Dasar
2.1 Pengertian
2. Ilmu Sosial Dasar
2.1 Pengertian
Ilmu social dasar adalah pengetahuan yang menelaah masalah-masalah sosial, khususnya yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu social seperti : sejarah,ekonomi, geografi, sosial, sosiologi, antropologi, psikologi sosial.
2.2 Tujuan
Sebagai
salah satu dari mata kuliah dasar umum. Ilmu Sosial Dasar mempunyai tujuan
pembinaan mahasiswa agar :
a) Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan
sosial dan maslah-masalah sosial yang ada di dalam masyarakat.
b)
Peka
terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha
menanggulanginya.
c)
Menyadari
setiap masalh sosial yang timbul dala masyarakat selalu bersifat kompleks dan
hanya mendekatinya mempelajarinya secara kritis dan interdisipliner.
d)
Memahami
jalan pikiran para ahli dalam bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat
berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial yang
timbul dalam masyarakat.
2.3
Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial
Ilmu Sosial
dasar (ISD) dan Ilmu Pengetahuan sosial(IPS) kedua-duanya mempunyai
persamaan
dan perbedaan.
Persamaan
ISD dan IPS yaitu :
a) Kedua-duanya merupakan bahan studi
untuk kepentingan program pendidikan.
b)
Keduanya
bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.
c) Keduanya mempunyai materi yang
terdiri dari kenyataan social dan masalah sosial.
Perbedaan
ISD dan IPS yaitu :
a) Ilmu sosial dasar diberikan di
Perguruaan Tinggi, Ilmu Pengetahuan Sosial diberikan di sekolah dasar dan
sekolah lanjutan.
b)
Ilmu sosial
dasar merupakan mata kuliah tunggal sedangkan ilmu pengetahuan sosial dasar
merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran(untuk sekolah lanjutan).
c) Ilmu Sosial dasar diarahkan kepada pembentukan
sikap dan kepribadian, sedang ilmu pengetahuan social diarahkan kepada
pembentukan pengetahuan dan keterampilan intelektual.
2.4
Ruang Lingkup Ilmu Sosial Dasar
Bahan
pelajaran Ilmu Sosial Dasar dapat dibedakan 3 golongan :
a) Kenyataan-kenyataan social yang ada
dala mmasyarakat, yang secara bersama-sama merupakan masalah social tertentu.
b)
Konsep-konsep
social atau pengertian-pengertian tentang kenyataan-kenyataan social dibatasi
pada konsep dasar atau elemnter saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari
masalah-masalah social yang dibahas dalam Ilmu Pengetahuan Sosial
c) Masalah-masalh yang timbul dalam
masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan social yang
antara yang satu dengan yang lainnya berbeda.
Berdasarkan
bahan kajian seperti yang disebut diatas, dapat dijabarkan leih lanjut ke dalam
pokok bahasan dan sub pokok bahasan, untuk dapat di operasionalkan.
Ilmu Sosial Dasar terdiri dari 8 Pokok Bahasan, dari ke - 8 pokok bahasan tersebut maka ruang lingkup perkuliahan Ilmu Sosial Dasar diharapkan mempelajari dan memahami adanya
Ilmu Sosial Dasar terdiri dari 8 Pokok Bahasan, dari ke - 8 pokok bahasan tersebut maka ruang lingkup perkuliahan Ilmu Sosial Dasar diharapkan mempelajari dan memahami adanya
DAFTAR PUSTAKA
referensi
: Harwatiyoko & Neltje F. Kaltuuk. MKDU ILMU SOSIAL DASAR, Jakarta 1996
Tidak ada komentar:
Posting Komentar